Cari dan Temu

Memuat...

Kolom Sponsor

Rabu, 24 Oktober 2012

Kita Punya Garam,Kenapa impor?

                Kompressmedia- Pati.  Garam adalah salah satu bagian penting dalam kehidupan kita,disetiap apa yang kita konsumsi baik dalam bentuk makanan maupun minuman pasti terdapat campuran garam,akan tetapi kita sering lupa betapa rumit dan sulitnya pembuatan garam secara alami. 
                Pada sistem pembuatan garam secara alami yang dilaksanakan oleh para petani tambak garam di daerah pesisir pantai utara,proses pembuatan garam dilaksanakan oleh beberapa tahap yang memerluka perhatian ekstra agar kandungan yodium pada garam tidak rusak.

                                                 Petani garam sedang melakukan panen di tambak garam


             Proses panen garam tidak bisa berlangsung setiap tahun,akan tetapi hanya dapat dilaksanakan hanya pada musim kemarau,hal itulah yang menjadi penyebabab harga dan keberadaan garam sering tidak stabil dan akirnya menyebabkan pemerintah harus melaksanakan import garam.

                Tindakkan pemerintah melaksanakan import garam bukan tanpa efek samping yang menekan pada kelangsungan hidup pada nasib para petani garam tradisional,disaat seharusnya para petani dapat menjual garam dengan harga tinggi dan saat terjadi panen raya garam justru pemerintah melaksanakan import garam yang berakibat langsung pada harga jual garam dalam negeri melorot tajam,sehingga menyebabkan para petani menderita kerugian yang tidak sedikit.

                Ditambah lagi dalam proses penjualan garam tidak hanya berlangsung melalu satu tangan langsung,akan tetapi melalui tangan kedua pula yang menyebabkan penambahan biaya saat penjualan garam.sehingga akibat secara keselurah terhadap petani ,menyebab turunnya keuntungan dari hasil panen garam.

                “kouta impor garam konsumsi yang direncanakan oleh dirjen sebesar 50.000 ton dengan alsan karena stok garam pada awal 2012 ini hanya tersisa tercatat 306.000 ton,”kata gada rahmatullah
Di perkirakan,jumlah tersebut hanya cukup untuk konsumsi selama 2 bulan 15 hari atau sampai pertengahan maret lalu,sehingga perlu diadakan impor garam agar tidak terjadi kehabisan stok di dalam negeri.

                Alasan itu lah yang menjadi benteng kuat pemerintah untuk melaksanakan kebijakan impor garam.akan tetapi seharusnya pemerintah lebih bijaksana dalam melaksanakan kebijakan tersebuat karena para petani garam yakin stok garam yang dimiliki oleh para petani garam masih mampu bertahan sampai akir tahun ini. (Kompressmedia_Ali)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
© Copyright 2035 Kompress Media
Blog by Damar Nurani